Bukan Hanya Iritasi, Hal-hal Ini Juga Bisa Sebabkan Bau Mulut

Advertisement
advertisement

Makan bawang, kebanyakan minum kopi dan iritasi pada gusi telah lama diketahui dapat menyebabkan efek samping berupa bau mulut. Tapi sebenarnya ada hal-hal lain yang bisa menimbulkan 'bau naga' pada mulut.

 

image

 

Berikut lima hal lain yang tak disangka dapat mengakibatkan bau mulut, seperti halnya dikutip dari Huffingtonpost, Kamis (23/1/2014).

1. Flu

Saat flu, hidung mampet mencegah udara masuk ke dalam hidung sehingga kita dipaksa untuk bernapas lewat mulut. Padahal kondisi ini menyebabkan mulut mengering dan mengurangi air liur.

Dan makin sedikit air liurnya, makin banyak bakteri yang mulai menumpuk di mulut dan menyebabkan bau mulut. Untuk meredakannya, Anda cukup mengunyah permen karet yang dapat menambah air liur, asal jangan pilih yang mengandung gula.

2. Makan gummy bear

"Bakteri juga suka makanan manis, apalagi bila Anda mengonsumsi permen lengket seperti gummy bear, cherry vines hingga permen mint yang bisa dikunyah. Saat itulah bakteri langsung 'berpesta'," tutur Kimberly Harms, DDS, dari American Dental Association.

Bakteri-bakteri itulah yang kemudian menyebabkan bau mulut. Alternatifnya adalah cokelat. Menurut Harms, cokelat tak hanya larut relatif cepat tapi juga tak banyak mengandung gula dibanding permen lainnya. Cokelat juga mengandung sedikit kalsium untuk melindungi enamel gigi.

3. Obat kumur

Wow ternyata sejumlah produk mouthwash alias obat kumur mengandung alkohol, terkadang kadarnya hingga 27 persen dari total kandungan zat kimia dalam obat kumur.

Padahal inilah yang menyebabkan mulut mengering, meninggalkan bau busuk di mulut setelah kesegaran aroma mint hilang dalam beberapa jam. Untuk itu carilah merk obat kumur yang tidak atau hanya sedikit mengandung alkohol.

4. Pola makan rendah karbo

Kebanyakan makan sushi atau makanan sumber protein tinggi lainnya menyebabkan tubuh menghasilkan amonia, produk sisa metabolisme protein. Sayangnya amonia cenderung dilepaskan ke luar tubuh melalui nafas dengan bau yang kurang menyenangkan.

Selain amonia, tubuh juga mengeluarkan ketone, yang mengakibatkan bau mulut seperti buah busuk.

5. Banyak bakteri negatif dalam mulut

Salah satu bakteri yang tinggal di dalam mulut dan berbau paling busuk adalah 'gram-negative'. Tak hanya busuk, bakteri ini juga mempunyai lapisan sel ekstra yang membuatnya sulit dihilangkan. Mereka banyak bersembunyi di bawah gusi dan lidah.

Ini dapat diatasi dengan flossing dan menggosok lidah (dapat mengurangi bau mulut hingga 70 persen). "Bersihkan seluruh lidah, terutama di bagian belakang di mana ada banyak tempat untuk bakteri ini bersembunyi," saran Gary H. Westerman, DDS, profesor kedokteran gigi dari Creighton University, AS.

Advertisement
advertisement
Bukan Hanya Iritasi, Hal-hal Ini Juga Bisa Sebabkan Bau Mulut | fitrah prasetyo | 5

0 komentar:

Poskan Komentar