Jangan Panik! Bau Mulut Juga Bisa Diatasi dengan Cara Alami Ini

Advertisement
advertisement

Seperti halnya bau badan, bau mulut alias halitosis pun bisa membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Untuk mengatasinya, biasanya seseorang akan rajin menggosok gigi ditambah berkumur dengan cairan pencuci mulut. Lantas, bagaimana jika bau mulut tak kunjung hilang?

 

Bau Mulut Juga Bisa Diatasi dengan Cara Alami Ini

 

Jangan buru-buru panik, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut agar aktivitas Anda berjalan lancar, seperti dikutip dari Health Me Up, Rabu (29/1/2014) berikut ini:

1. Berkumur dengan cuka sari apel
Cuka sari apel memiliki sifat asam yang membuatnya efektif mengatasi bau mulut. Sebelum makan, Anda bisa menambahkan satu sendok cuka sari apel ke segelas air karena ini bisa membantu melancarkan pencernaan dan menghindari bau mulut. Anda juga bisa minum satu sendok makan cuka sari apel yang diencerkan setelah makan untuk membersihkan mulut.

2. Sikat lidah
Pada beberapa kasus, lidah juga bisa menyebabkan bau mulut. Setiap kali menyikat gigi jangan lupa untuk menyikat lidah Anda. Gunakan pembersih lidah untuk menyikat lidah secara teratur. Lebih baik, sikat gigi dan lidah setelah makan untuk mencegah timbulnya bau mulut.

3. Mengunyah rempah-rempah
Terdapat rempah-rempah di dapur yang bisa jadi obat alternatif penghilang bau mulut. Biji adas bisa menyegarkan mulut karena mengandung sifat antimikroba. Selain itu, cengkeh yang merupakan rempah-rempah pedas juga bisa membuat mulut segar.

Sedangkan pada peterseli, kandungan klorofilnya bisa mengontrol bau mulut. Begitu juga dengan biji fenugreek yang jika susah didapat dalam bentuk biji, Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk teh herbal dari biji fenugreek.

4. Berkumur dengan kayu manis
Aldehida sinamat dalam kayu manis merupakan minyak esensial yang mebmbantu menyingkirkan bau mulut sementara sekaligus mengurangi jumlah bakteri dalam air liur. Anda bisa menggunakan bubuk kayu manis yang direbus dengan air untuk berkumur supaya napas dan bau mulut Anda lebih segar.

5. Tambahkan baking soda di pasta gigi
Menggunakan baking soda untuk menggosok gigi akan membantu mengubah tingkat pH dalam mulut dan dengan demikian pertumbuhan bakteri pun akan terhambat sehingga bau mulut bisa dicegah.

Selain ditambahkan di pasta gigi, Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk berkumur dengan mencampurkannya bersama air hangat.

Advertisement
advertisement
Jangan Panik! Bau Mulut Juga Bisa Diatasi dengan Cara Alami Ini | fitrah prasetyo | 5

0 komentar:

Poskan Komentar