Jika Ingin Sehat dan Panjang Umur, Pastikan Anda Lakoni 14 Hal Ini

Advertisement
advertisement

Sejatinya kualitas hidup seseorang sangat ditentukan oleh kesehatan fisiknya. Untuk itu cara menjaga kesehatan yang paling tepat tak lain pola makan yang benar dan rajin berolahraga. Namun apabila Anda ingin mendapatkan manfaat lebih dari itu, seperti panjang umur, ada kebiasaan lain yang harus diadopsi.

Simak 14 kebiasaan sehat terbaik yang baiknya dilakukan setiap orang agar terus fit dan hidup lebih lama, seperti dikutip dari Men's Fitness, Senin (2/12/2013) berikut ini.

1. Meditasi
Rutin bermeditasi selama 10-20 menit merupakan salah satu rahasia terbesar dari panjang umur. "Meditasi akan membantu meredakan stres, memperbaiki pola tidur, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan serta memperbaiki fungsi kardiovaskular," ungkap Kerry Bajaj, trainer bersertifikat dari Eleven Eleven Wellness Center, New York City.

"Ini juga akan membuat Anda merasa lebih baik karena Anda tidak terkoneksi dengan berbagai rangsangan di luar sana," tambahnya.

2. Tidur
Segala upaya yang Anda lakukan untuk memperbaiki pola makan dan berolahraga akan sia-sia saja jika seseorang tidak memperoleh waktu tidur sebanyak 7-8 jam tiap malam. Menambah jam tidur di akhir pekan pun kadang tak ada gunanya.

Riset dari Rochester University, AS menunjukkan bahwa kurang tidur mengganggu kemampuan otak untuk membuang racun dari tubuh, sehingga pada akhirnya mengganggu fungsi jantung. Jadi jangan heran ketika Anda kurang tidur, keesokan paginya performa kerja Anda akan buruk atau bahkan Anda tak bisa fokus.

3. Minum air hangat dan lemon
Di pagi hari, hal pertama yang masuk ke mulut Anda sebaiknya adalah air hangat dengan lemon. "Air hangat dengan lemon ini mendorong detoksifikasi bahkan membantu merangsang pergerakan usus," terang Bajaj

Minuman ini juga menambah tenaga di pagi hari tanpa perlu mengonsumsi kafein.

4. Flossing
Tak hanya membuat gigi makin cemerlang, kebiasaan flossing juga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. "Pasalnya apabila gusi Anda terinfeksi, bakteri dalam mulut dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan peradangan di penjuru tubuh," tutur Bajaj.

5. Konsumsi probiotik
Usus kerap dilihat sebagai indikator kesehatan seseorang. Dan salah satu cara untuk menambahkan jumlah bakteri sehat dalam usus adalah mengonsumsi suplemen probiotik setiap hari. "Probiotik membantu mencerna makanan dan ini baik untuk kekebalan," kata Bajaj.

Bahkan menyeimbangkan jumlah bakteri dalam usus dapat menambah mood seseorang. Pasalnya hormon pengatur mood, yaitu serotonin banyak diproduksi di dalam usus. "Jadi mungkin ini sebabnya ada ikatan yang kuat antara apa yang terjadi di usus dengan apa yang kita rasakan," imbuhnya.

6. Pemanasan sebelum latihan fisik
Tapi jangan melakukan pemanasan dengan peregangan statis (static stretching) karena tak begitu bermanfaat bagi tubuh. Tim peneliti dari Stephen F. Austin State University menemukan orang yang rutin melakukan hal ini justru mengalami penurunan kekuatan dibandingkan orang yang melakukan pemanasan dinamis (dynamic stretching) seperti berjalan sembari menekuk lutut atau melompat tinggi-tinggi. Peregangan statis sendiri adalah peregangan yang dilakukan sambil diam di tempat.

Pemanasan yang dinamis pun tak hanya meningkatkan performa, melainkan juga mencegah cedera.

7. Minum teh
Perbanyak minum teh. Teh juga bisa jadi minuman terbaik untuk tubuh di samping air. Dari sebuah riset yang dipublikasikan European Journal of Clinical Nutrition ditemukan konsumsi teh hijau secara rutin dapat memperbaiki daya ingat dan kemampuan kognitif pria.

Teh hijau juga dikenal memiliki seabrek manfaat bagi kesehatan, antara lain meningkatkan metabolisme dan kekebalan, menurunkan tekanan darah, mencegah bau mulut, serta bertindak sebagai agen antiperadangan.

8. Berkeringat dengan HIIT
Berdasarkan riset dari Liverpool John Moores University dan University of Birmingham, high-intensity interval training (HITT) memiliki manfaat sama besarnya dengan latihan ketahanan. Meski tergolong latihan berat, HIIT dapat meningkatkan kebugaran, juga melawan sakit jantung, hipertensi dan diabetes.

9. Hindari BPA
BPA atau Bisphenol A merupakan zat kimia yang banyak terdapat pada botol minum dan kaleng makanan ini belakangan sedang santer dikampanyekan karena bahayanya terhadap tubuh manusia. Antara lain menyebabkan gangguan reproduksi, diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Untuk amannya, selalu pilih makanan yang kemasannya kaca daripada kalengan, atau bila Anda keukeuh menggunakan kemasan plastik, pastikan kode daur ulangnya bukan 3 atau 7, karena keduanya adalah kode produk yang terbuat dari BPA.

10. Hati-hati dengan produk perawatan pribadi
Ini berlaku bagi produk yang mengenai kulit. Dan yang dapat dilakukan hanyalah memakai tabir surya setiap hari dan pilih-pilih produk perawatan pribadi Anda dengan seksama.

Cek label setiap produk yang ingin Anda pakai. Pastikan tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate atau Sodium Laureth Sulfate. Pasalnya sulfat tak hanya akan menghilangkan kelembaban dan pelindung kulit serta rambut Anda, tapi juga menjadi racun ketika bercampur dengan komposisi lainnya yang ada di produk perawatan kulit.

11. Pakai kacamata hitam
Rajin memakai kacamata hitam tiap kali keluar rumah di siang hari, di samping memakai tabir surya, dapat melindungi seseorang dari sunburn, katarak, hingga kanker kulit.

Namun pilihlah kacamata dengan penyerapan sinar UV mencapai 99-100 persen atau UV 400. Atau pilihlah yang ukuran framenya besar karena itu berarti makin besar perlindungannya pada mata.

12. Banyak makan serat
Serat adalah komponen penting dalam pola makan apapun. Dan sebuah studi memastikan barangsiapa yang meningkatkan asupan serat mereka akan hidup lebih lama daripada yang tidak.

Bahkan studi lain mengatakan serat juga dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya serat melancarkan pencernaan, di samping meredakan peradangan, menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko diabetes hingga mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

13. Pastikan ada sayuran dalam menu makan
Menurut USDA, sayuran berwarna hijau gelap kaya akan antioksidan yang juga makanan terbaik untuk mencegah kanker. Sayuran semacam ini juga membantu menjaga berat badan ideal dan mengatur sistem pencernaan.

Jika tidak, gantilah dengan suplemen bubuk hijau seperti spirulina. Ini merupakan algae yang kaya protein, asam lemak omega-3, vitamin B, seng, zat besi dan betakaroten.

14. Sering-sering bercinta
Berkali-kali berhubungan seksual dengan suami/istri tak ada efek sampingnya, bahkan jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini akan membuat seseorang lebih awet muda, selain juga meredakan stres, meningkatkan imunitas, membuat tidur lebih nyenyak, melindunginya dari kanker prostat dan meningkatkan kesehatan kardiovaskularnya.

Bahkan sebuah studi dari Duke University yang dilakukan selama 25 tahun memastikan makin banyak aktivitas seks yang dilakukan seseorang, makin panjang umurnya.

Advertisement
advertisement
Jika Ingin Sehat dan Panjang Umur, Pastikan Anda Lakoni 14 Hal Ini | fitrah prasetyo | 5

0 komentar:

Posting Komentar