Tak Boleh Makan Durian Usai Transplantasi Hati, Ini Alasannya

Advertisement
advertisement

Setelah melakukan operasi seperti transplantasi hati, ada beberapa asupan yang sebaiknya dihindari sebelum mencapai waktu enam bulan pasca operasi. Nah, salah satu asupan yang sangat tidak disarankan baik untuk penerima maupun pendonor hati adalah durian, mengapa?

"Jangan makan durian karena durian banyak mengandung lemak di dalamnya. Semua orang yang habis operasi dalam saluran empedu jangan makan durian sebab banyak bisa menimbulkan 'stres' pada liver, kerja hatinya jadi double," kata Direktur Bedah Transplantasi Hati di Singapore General Hospital, dr Jeyaraj Prema Raj.

 

Tak Boleh Makan Durian Usai Transplantasi Hati, Ini Alasannya

 

Selain durian, dr Jeyaraj juga menyarankan penerima dan pendonor hati untuk mengurangi konsumsi daging merah dan justru memperbanyak daging putih seperti ikan dan ayam. Tak lupa, dr Jeyaraj sangat menyerankan untuk memperbanyak sayur dan buah-buahan.

"Setelah enam bulan tetap perhatikan makanan, apalagi kan pasien harus minum ibat imunosupresif itu ya. Makanannya mesti dijaga berat badan karena kalau beratnya naik, akan menyebabkan fatty liver makanya dia harus jaga fungsi hatinya dengan mengontrol berat badannya," papar dr Jeyaraj.

Dikatakan dr Jeyaraj, setelah menjalani tranplantasi, pendonor boleh keluar rumah sakit setelah delapan hari, sedangkan penerima setelah 28 hari. Hal itu ia sampaiak dalam acara 'Ngobrol Santai Bersama Dr Koichi Tanaka dan Dr Prema Raj, The Asian Master of Transplantation Surgeon dari Sing–Kobe Liver Transplant Centre (SKLTC), Mount Elizabeth Novena Singapore' di Hotel Intercontinental, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2013).

"Setelah transplantasi itu pendonor memang agak lemah sebab ada beberapa bagian hatinya yang terpotong dan didonorkan. Tapi kondisi penerimanya bagus sekali, fresh," tutur dr Jeyaraj.

Agar pendonor bisa kembali beraktivitas normal, maka ia harus istirahat di rumah selama enam minggu sampai tiga bulan. Sedangkan resipien (penerima) dalam dua atau tiga bulan kondisinya sudah pulih sampai 70 persen. Nanti, setelah enam bulan baru kondisinya sudah pulih 100 persen.

"Sebelum enam bulan usahakan jangan ke tempat yang banyak orang dan sedang sakit misalnya flu, atau misalnya keluarganya. Tapi selesai enam bulan enggak apa-apa. Sebelum enam bulan, boleh melalukan jenis olahraga apa saja. Termasuk untuk hubungan suami istri juga tidak masalah, setelah enam bulan itu ya," jelas dr Jeyaraj.

Advertisement
advertisement
Tak Boleh Makan Durian Usai Transplantasi Hati, Ini Alasannya | fitrah prasetyo | 5

0 komentar:

Posting Komentar