Cara Jogging Yang Benar Untuk Pemula

Advertisement
advertisement
Salah satu olahraga yang paling sederhana dan dapat dilakukan oleh semua orang adalah jogging. Olahraga yang satu ini memang terlihat sederhana. Namun ternyata memiliki banyak manfaat. Bahkan jogging selama kurang dari 2,5 jam bisa menumbuhkan kolesterol baik dalam darah yang melawan kolesterol jahat. Namun jogging yang seperti apakah yang bisa baik untuk kesehatan ? Tentunya adalah dengan cara jogging yang benar yang bisa membuat manfaat baik untuk kesehatan.

Tips jogging yang baik dan benar untuk pemula

Cara Jogging Yang Benar Untuk Pemula

Bagi orang yang belum bisa jogging mungkin menganggap bahwa jogging bisa dilakukan asal berjalan-jalan kecil begitu saja. Anggapan ini tentunya salah kaprah. Walaupun jogging anda membutuhkan cara jogging yang benar agar sesuai dengan kaidah sehingga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Ada cara cara jogging yang perlu anda perhatikan sehingga anda tidak mengalami cedera saat sedang jogging. Pertama saat jogging wajah harus lurus kedepan, tidak boleh menunduk atau mendangak. Bahu dalam posisi rileks dan jangan diangkat. Siku ditekuk secukupnya sekitar 90 derajat dan tangan jangan menggantung. Jari jari tangan santai ditekuk dengan tidak dilepas. Lengan harus mengikuti irama kaki, saat anda berlari ayunlah lengan anda sejajar dengan kaki. 

Pada jogging seperti halnya berlari ada beberapa fase seperti fase melayang, yaitu ketika kedua kaki tidak menyentuh tanah. Jika salah satu kaki menyentuh tanah sedangkan untuk kaki yang satu masih melayang sehingga perlu di kombinasikan dengan gerakan lengan agar tidak jatuh ke kiri. Cara jogging yang benar yang perlu di perhatikan adalah posisi badan dan punggung tetap lurus. Tungkai kaki saat menapak tanah, tumit mendarat lebih dahulu baru kemudian tengah kaki dan ujung kaki. Telapak kaki tidak mendarat bersamaan. Untuk jari jari kaki menghadap ke depan. Hal ini untuk mencegah adanya cedera pada bagian tumit,lutut dan pergelangan kaki. 

Perlengkapan saat jogging yang perlu siapakan adalah sepatu untuk lari. Pilihlah sepatu dengan sol yang empuk dan lentur. Leher sepatu usahakan tidak menutup mata kaki layaknya sepatu basket. Pilihlah sol sepatu yang lunak dan lentur untuk meredam benturan saat berlari. Gunakan kaos olahraga yang berbahan spandek atau polister. Kedua bahan tersebut lebih mudah menyerap keringat dan mengering. Setelah semua perlengkapan lengkap sudah saatnya anda untuk mempraktekkan cara jogging yang benar.

More informasi tentang kesehatan : http://scottddanielson.blogspot.com
Advertisement
advertisement
Cara Jogging Yang Benar Untuk Pemula | fitrah prasetyo | 5

0 komentar:

Poskan Komentar